
KPU Jepara Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Publik
Kab-jepara.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara baru-baru ini melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KPU. Hasil survei menunjukkan sebagian besar responden puas dengan pelayanan yang diberikan oleh KPU Jepara. KPU berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada publik. Hal itu sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Survei kepuasan masyarakat dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan KPU dan untuk mengidentifikasi hal-hal yang perlu dibenahi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, terdapat sembilan unsur indikator survei, yaitu proses pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan, kecepatan waktu, biaya pelayanan, kesesuaian produk pelayanan, kompetensi petugas, perilaku petugas, kualitas sarana dan prasarana, serta penanganan pengaduan.
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Kabupaten Jepara Muhammadun, Kamis (24/7/2025) mengatakan survei merupakan agenda yang rutin dilakukan oleh KPU. "Survei yang kami lakukan ini sebagai langkah evaluasi atas kinerja dalam melayani masyarakat," kata dia.
Lebih lanjut ia menjelaskan, survei dilakukan secara periodik setiap semester. Untuk periode Januari hingga Juni 2025, KPU Jepara melakukan survei terhadap 22 orang responden. Mereka merupakan pihak-pihak yang banyak bersentuhan, berinteraksi, dan mendapatkan pelayanan dari KPU. Setelah menerima pelayanan KPU, responden diminta untuk mengisi kuesioner yang telah disediakan. Berdasarkan data hasil survei, indeks kepuasan masyarakat atas pelayanan KPU Jepara pada periode semester 1 tahun 2025 sebesar 85,23 dan masuk kategori baik.
Di antara sembilan indikator survei, yang menunjukkan nilai paling tinggi di KPU Jepara adalah indikator tidak adanya pungutan yang diberlakukan atas pelayanan KPU Jepara. "Hasil survei ini menjadi input yang berharga. KPU berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian, dapat meningkatkan kepercayaan terhadap lembaga KPU," tambah Muhammadun. (kpujepara)